Dewan Minta Satpol PP/WH Tertibkan Pedagang di Depan Masjid Raya

Anggota DPRK Banda Aceh, Ismawardi minta Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayahtul Hisbah (Satpol PP/WH) untuk menertibkan pedagang yang membuka usahanya pada waktu shalat di depan mesjid Raya Baiturrahman.

Hal itu disampaikan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut menanggapi masukan dari warga dan jamaah shalat, terkait  masih banyaknya pedagang yang berjualan di seputaran Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada saat waktu-waktu shalat.

Ismawardi menjelaskan banyak laporan masyarakat yang menyebutkan transaksi jual beli saat shalat berlangsung lancar, meski terkadang ada pedagang yang hanya membuka pintu tokonya.

Penertiban berjualan di saat shalat juga harus dilakukan di semua tempat yang ada di kota Banda Aceh. "Di luar memang tidak ada orang, tapi transaksi jual beli di dalam cukup ramai seperti yang berlangsung di salah satu pusat perbelanjaan modern (swalayan) di Kota Banda Aceh," ungkapnya.

Karena itu ia meminta Dinas Syariat Islam, Satpol PP/WH untuk melakukan patroli rutin, serta mengumumkan dengan menggunakan pengeras suara kepada pengunjung dan pedagang agar menghentikan aktivitasnya selama waktu shalat. “Kami mendorong Walikota Banda Aceh membuat regulasi 10 menit sebelum adzan serta saat shalat tidak ada lagi aktivitas pedagang yang berjualan,” jelasnya.[Van]

Dibaca Sebanyak 0 kali