Ketua DPRD Balikpapan Salut Pada Kota Banda Aceh

Banda Aceh (05/07) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Andi Baharuddin Solong mengaku salut dengan Kota Banda Aceh.

Alasannya, pengelolaan keuangan yang baik membuat Kota Banda Aceh sudah lima kali memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI). “Kami di Kota Balikpapan belum memperoleh WTP sama sekali, makanya kami tertarik untuk studi banding ke sini,” ungkapnya, Kamis, 4 Juni 2013 di Balai Kota Banda Aceh.

Menurut Andi, antara Kota Banda Aceh dengan Kota Balikpapan sebenarnya tidak jauh beda. Kota Banda Aceh sudah enam kali meraih penghargaan Adipura, begitu juga dengan Kota Balikpaan yang sudah berulang kali memperoleh penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) tersebut. “Namun menjadi sangat beda karena Kota Banda Aceh sudah lima kali memperoleh WTP,” jelasnya.

Selain itu kata Andi, WTP yang diperoleh Banda Aceh menurutnya sama seperti Piala Citra, yang merupakan hal luar biasa serta tidak ada kota lain di Indonesia yang mampu meraih WTP berturut-turut seperti Banda Aceh.  “Adanya opini dari BPK-RI merupakan sebuah pertanda pemerintah kota memiliki prestasi atau tidak dalam melakukan tata keuangan daerah,” ujarnya.

Ia menambahkan dengan adanya keinginan kuat dari DPRD Kota Balikpapan, mereka berharap tahun depan bisa memperoleh hal serupa. Mengenai tata kelola tanggap darurat bencana di Banda Aceh ia juga menilai sudah cukup berhasil. “Coba kita lihat  sembilan tahun pascatsunami pembangunan gedung dan insfrastruktur lainnya, Banda Aceh memiliki sebuah pembangunan yang cukup luar biasa,” lanjutnya.

Menurutnya jika tidak ada kapal apung, dan kuburan massal yang dijadikan monument sejarah mungkin orang tidak akan tahu kalau Banda Aceh pernah tertimpa bencana besar tsunami. “Karena kondisi pembangunannya yang cukup pesat, dan ini juga menjadi sebuah pelajaran bagi kita bagaimana belajar tata kelola tanggap bencana serta pembangunan pasca bencana,” ujarnya.

Kunjungan sekitar  21 anggota DPRD Balikpapan bersama 18 dinas dan badan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Balikpapan ke Banda Aceh diterima oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Yudi Kurnia, dan Sekda Kota Banda Aceh, T Saifuddin TA beserta sejumlah pejabat dari beberapa SKPK.[adi]

Dibaca Sebanyak 761 kali