Sejarah Kota Banda Aceh

Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh merupakan salah satu kawasan pemukiman tertua yang jadi muasal Kota Banda Aceh. Van Swieten menamainya Kutaraja, kotanya para raja.

Di Gampong yang luluh lantak digoyang gempa dan dihempas tsunami 26 Desember 2004 lalu itu makam raja-raja terbujur mengabarkan kemegahannya pada masa lalu.

Saat tsunami akses jalan ke komplek makam tersebut putus total. Jalan itu benar-benar rusak. Beruntung beragam bantuan pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh paska tsunami, Pemerintah Kota Banda Aceh mampu menyulap kembali kawasan tersebut menjadi pemukiman yang baru. Jalan ke situs sejarah seperti makam raja-raja Aceh tempo dulu dibangun kembali.

Komplek makam itu merupakan caga Selengkapnya....


Gunongan, Taman Ghairah

Gunongan yang berada di taman tengah Kota Banda Aceh sekarang memiliki sejarah penciptaannya. Sejarah yang dinukilkan Syeikh Nuruddin Ar Raniry dalam kitab Bustanussalatin. Kitab itu ditulis pada tahun 1637 M (1047 H), pada masa Kerajaan Aceh dipimpin Sultan Iskandar Thani.

Dalam kitab itu digambarkan keindahan Taman Ghairah, yakni taman para raja. Ar Raniry menulis. “Pada zaman bagindalah berbuat suatu bustan, yaitu kebun, terlalu indah-indah, kira-kira seribu depa luasnya. Maka ditanami berbagai bunga-bungaan dan aneka buah-buahan. Digelar Baginda bustan itu Taman Ghairah.”

Keindahan Taman Ghairah yang disebutkan dalam kitab Bustanussalatin, pernah juga Selengkapnya....


1